10 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Tahun 2015

Posted by TEKNIK INFORMATIKA on Sunday 12 April 2015


Bahasa pemrograman memang ada beragam jenisnya. Semuanya memiliki tujuan serta fungsiya masing-masing. Jika kamu tertarik dengan dunia pemrograman dan bergelut di bidang IT, anda setidaknya harus menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti Java, C++, PHP dan lain-lain.

Menurut daftar yang dirilis oleh Mashable, setidaknya terdapat sepuluh bahasa pemrograman paling populer dan paling sering digunakan di dunia. Apa saja itu? Berikut adalah 10 bahasa pemrograman paling populer yang bisa kamu coba pelajari di tahun 2015.

1. Java

Penghuni peringkat teratas bahasa pemrograman paling populer versi Mashable yaitu Java. Java dipandang sebagai bahasa pemrograman yang unggul dan sering digunakan untuk IoT, arsitektur perusahaan, dan komputasi awan.
Bahasa ini juga menduduki ranking pertama dalam sebuah survei efinancialcareers untuk kategori bahasa pemrograman paling diinginkan di Wall Street pada tahun 2015.
Java menggunakan pemrogrman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodulasi dunia nyata ke dalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.


2. JavaScript

Bahasa pemrograman berikutnya yakni JavaScript. JavaScript secara luas dianggap sebagai bahasa web dan digunakan untuk menambah interaktivitas ke halaman web. Bahasa ini mendukung semua web browser termasuk Safari, Internet Explorer dan Firefox. kelemahan dari bahasa ini adalah scriptnya dapat disalin atau dari Web browser, sehingga setiap orang dapat meniru program JavaScript yang telah kita ciptakan

3. C#

Di peringkat ketiga, ada C# milik Microsoft. Microsoft mengklaim bahwa dengan menggunakan C#, kita bisa membuat aplikasi klien Windows, layanan Web XML, komponen terdistribusi, aplikasi client-server, aplikasi database, dan masih banyak lagi.

Visual C# juga menyediakan editor kode yang canggih, desain antarmuka yang nyaman, debugger yang terintegrasi, dan alat-alat lain untuk membuatnya lebih mudah untuk mengembangkan aplikasi berbasis pada bahasa C# dan .NET Framework.

4. PHP

Urutan berikutnya adalah PHP, bahasa yang menjadi kerangka bagi banyak sistem manajemen konten (CMS) masa kini termasuk WordPress. Bahasa pemrograman yang ciptakan Rasmus Lerdorf pada tahun 1994 ini dianggap sebagai alat penting untuk membangun aplikasi web modern. PHP digunakan juga untuk pemrograman database.

5. C++

Bahasa pemrograman kelima yang layak kamu coba adalah C++. Bahasa ini banyak digunakan untuk membuat aplikasi. Bahasa C++ juga telah distandarisasi oleh International Organization for Standardization (ISO).

6. Python

Bahasa yang berorientasi pada objek, Python menghuni peringkat keenam. Dianggap sebagai bahasa pemrograman untuk semua orang, kode sumber Python tersedia secara bebas dan terbuka untuk modifikasi dan digunakan kembali.

Menurut laporan WANTED Analytics baru-baru ini, permintaan untuk ahli pemrograman Python meningkat 96,9% pada posisi data besar dalam setahun terakhir. Adapun perusahaan yang membutuhkan keahlian tersebut diantaranya Cisco, IBM, Oracle, Teradata dan Sabre.

7. C

Bahasa C merupakan perkembangan dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Selanjutnya bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C yang diciptakan oleh Dennis Ricthie & W. Menurut Mashable, C cukup diminati karena berbagai keunggulan, yakni kecil, cepat dan kuat.

8. SQL

SQL atau Structured Query Language secara umum dianggap sebagai bahasa standar untuk sistem manajemen database relasional. Sertifikasi database Microsoft SQL Server juga telah dinobatkan sebagai Sertifikasi database terbaik untuk tahun 2015.

Bahkan, WANTED Analytics juga memasukkan SQL dalam daftar tiga keterampilan paling diminta untuk pekerjaan yang berkaitan dengan Big Data. data dalam SQL juga dapat ditampilkan melalui bahasa PHP.

9. Ruby

Salah satu bahasa yang bisa kamu pelajari dengan mudah adalah Ruby. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa pemrogaman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Phyton. Bahasa ini sering digunakan untuk pemrograman web. Ruby on Rails juga dinobatkan sebagai bahasa pemrograman paling berharga 2015 versi Quartz Max Nisen.

10. Objectivice -C

Di urutan terakhir, ada Objectivice –C. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa utama yang digunakan untuk jaringan kabel software untuk OS X dan iOS. Namun, bahasa ini juga menghadapi persaingan ketat dengan untuk framework pemrograman Swift milik Apple.

Sekian 10 bahasa pemrograman yang paling populer di tahun 2015, untuk menguasai beberapa bahasa pemrograman di atas tentunya kita harus terus berlatih, karena kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih.

Terima kasih sudah berkunjung :)


Blog, Updated at: 05:18

21 komentar:

  1. mayan gan belajar basic nya dulu :)

    ReplyDelete
  2. sql sangat menarik gan keren abis namun belum nyampe otaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering berlatih aja gan, nanti juga terbiasa :) :v

      Delete
  3. C++ gak masuk ya , atau masih di C ?

    ReplyDelete
  4. Ini yah langkah2 bahasa pemprograman dari awal. Tapi di kampus baru dapet mata kuliah C++, yg lain nya belum paham karena belum masuk materinya kesana. Nice infonya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sama-sama gan, ane juga posting tentang bahasa C++ dan contoh programnya gan, mungkin bisa dijadikan referensi :)

      Delete
  5. Jadi nambah wawasan pemograman nih. thanks ya sob

    ReplyDelete
  6. saya paling suka PHP sama Java gan :D

    ReplyDelete
  7. Kalau kata orang2 gan, php paling memikat cewek :3

    ReplyDelete
  8. Yang baru saya kuasai javascript, html, php, pascal, visual basic. Dan yang lainnya belum mahir.

    Nah kalau mas sendiri udah menguasai bahasa pemrograman yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo saya C++ ,SQL sama html klo javascript, php sama vb saya baru belajar pak :)

      Delete
  9. saya baru belajar bahasa c gan
    untuk belajar java belum,kira2 ada artikelnya tentang pemograman java gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo java ane belum mahir gan, baru mulai belajar :)

      Delete
  10. nice posting , saya memperdalam ilmu c++ nih ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane juga ada beberapa posting tentang c++ nih gan :) http://banuaril10.blogspot.com/search/label/Bahasa%20C

      Delete
  11. Postingan mantab nih. Kebetulan lagi butuh buat kuliah..
    Bioskop Online

    ReplyDelete

Search This Blog

Follow This Blog

Total Pageviews